Sepenggal kata (Kemudahan Dibalik Kesulitan)


KEMUDAHAN DIBALIK KESULITAN


semua kesulitan, sesungguhnya merupakan kesepatan bagi jiwa kita untuk tumbuh”
(jhon gray)

Setiap manusia akan menghadapi ujian dan cobaan. Tak ada yang sempurna. Langit tak akan selalu cerah, roda kehidupan akan terus berputar. Setiap kesulitan akan ada kemudahan. Allah menyampaikannya dalam Al-Qur’an:
¨bÎ*sù yìtB ÎŽô£ãèø9$# #·Žô£ç ÇÎÈ   ¨bÎ) yìtB ÎŽô£ãèø9$# #ZŽô£ç ÇÏÈ  
Artinya : (5) karena Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, (6) Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.
Dalam surah al-Insyirah diatas, Allah mengulanginya hingga 2 kali. Dibalik kesulitan akan ada kemudahan. Kesedihan dan kebahagiaan, adalah bumbu dalam kehidupan kita. Jika kita diterpa kesulitan dan terjatuh  maka berusahalah untuk bangkit lagi. Karena tidak penting berapa kali kau jatuh tapi berapa kali bangkit. Ingatlah para ilmuan ketika melakukan suatu penelitian , tidak hanya puluhan kali mereka jatuh dan gagal tapi bahkan ratusan kali.
Kebanyak dari kita sering mengeluh dan itu bisa dikatakan dengan wajar kkarena manusia itu sesungguhnya makhluk yang lemah. Akan tetapi itu tidak dijadikan sebagai suatu kebiasaan karena merupakan kebiasaan buruk. Mengeluh tidak akan mengubah keadaan. Ingatlah “Tidak ada orang yang gagal yang tidak memiliki masa depan dan tidak ada orang yang sukses yang tidak memiliki masa lalu”. Setiap orang punya jalannya masing-masing. Yang perlu kita lakukan sekarang terus berikhtiar dan berdoa. Allah akan memberikanmu kemudahan, jika saat ini kau temukan kkesulitan maka untuk menjadikan mu lebih baik dan lebih kuat.

“TUHAN TELAH MEMASANG TANGGA DI HADAPAN  KITA, ITA HARUS MENDAKINYA, SETAHAP DEMI TAHAP”
*Jalaludin Rumi*

Comments

Post a Comment